Daftar Pemandian Air Panas Alamai Di Bali

Posted on

Daftar Pemandian Air Panas Alamai Di Bali. Liburan ke tempat wisata Bali sangat identik dengan liburan mengunjungi pantai pasir putih seperti pantai Kuta, tempat wisata pura atau tempat wisata pemandangan sawah terasering. Lalu bagaimana dengan yang sudah pernah liburan berkali-kali ke pulau Bali? Pastinya akan merasa bosan jika terus menerus mengunjungi tempat wisata di Bali yang sama.

Yang menjadi pertanyaan, dimanakah tempat wisata unik di Bali selain selain tempat wisata pantai? Bagaimana kalau saya sarankan, untuk mengunjungi tempat pemandian air panas di Bali. Tentunya air kolam berasal dari mata air alami dan panas air dari kerak bumi! Apakah anda tertarik?

Pulau Bali memiliki banyak tempat pemandian air panas alami dan sebagian besar ada di kawasan Bali tengah dan Bali utara. Penyebab lokasi pemandian air panas alami ada banyak dikawasan Bali tengah dan Bali utara, karena di kawasan ini ada 3 gunung berapi yang masih aktif, yang membuat sumber air tanah alami menjadi panas.

Nama dari tiga gunung berapi yang masih aktif di Bali adalah:

  • Gunung Agung.
  • Gunung Batur.
  • Gunung Batukaru.

Selain menyegarkan tubuh, berendam di kolam air panas alami memiliki banyak manfaat. Manfaatnya seperti: meringankan pegal otot, mengobati penyakit kulit serta menyegarkan badan. Semua pemandian air panas alami di Bali, airnya mengandung belerang. Walaupun belerang tidak berbahaya bagi tubuh manusia tapi jika anda alergi terhadap belerang, sebaiknya jangan ikut berendam.

Daftar Pemandian Air Panas Di Bali

1. Pemandian Air Panas Toya Bungkah Kintamani

pemandian-air-panas-toya-bungkah-kintamaniPemandian air panas alami Toya Bungkah berada di kawasan tempat wisata Kintamani yang masuk dalam wilayah kabupaten Bangli. Sumber air berasal dari mata air alami dan tanpa adanya pengolahan modern.

Suhu air dari pancoran sekitar 38 – 40 derajat celcius dan suhu air dalam kolam sekitar 32 derajat celcius. Ada empat jenis kolam di pemandian air panas Toya Bungkah:

  • Kolam anak-anak.
  • Kolam terapi.
  • Kolam untuk berjemur.
  • Kolam untuk berenang.

Fasilitas penunjang pemandian air panas Toya Bungkah, masuk kategori lengkap karena tersedia sarana, restoran, pool bar, fasilitas toilet dan ruang ganti baju.

2. Air Panas Banjar Hot Springs Bali

air-panas-banjar-baliTempat wisata pemandian air panas banjar hot springs Bali lokasinya berada di sebuah desa di tempat wisata Bali bagian utara, nama desanya desa Banjar, masuk dalam kawasan kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

Karena ibukota dari kabupaten Buleleng bernama Singaraja, maka pemandian air panas di Bali ini terkadang disebut dengan nama pemandian air panas banjar Singaraja.

Pemandian air panas banjar Singaraja sangat terkenal dikalangan wisatawan Indonesia maupun wisatawan mancanegara. Karena banyak dari penyedia paket wisata murah Bali, memasukan rute wisata, dengan mengunjungi pemandian air panas banjar hot springs dalam salah satu paket wisata.

Alasan banyak penyedia jasa paket liburan ke Bali memasukan tempat wisata pemandian air panas Banjar Singaraja, ke dalam paket liburan di Bali karena memiliki rute satu arah dengan tempat wisata terkenal di Bali seperti:

  • Air Terjun Gitgit Singaraja.
  • Pantai Lovina Singaraja.
  • Danau Beratan Bedugul.

Sumber air panas di kolam air panas Banjar berasal dari mata air alami dan air panas mengandung mineral yang baik untuk tubuh, salah satunya belerang. Oleh sebab itu, air di kolam akan berwarna kehijauan. Sekali lagi saya tekankan, jika anda alergi dengan belerang, usahakan jangan ikut berendam.

3. Kolam Air Panas Penatahan Tabanan

air-panas-penatahanKolam pemandian air panas Penatahan berada di Jalan Buruan Penatahan, Desa Penebel, Kabupaten Tabanan. Kolam air panas Penatahan dikelola secara professional dan tertata rapi. Nama lain dari kolam pemandian air panas Penatahan adalah ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort. Sama seperti kolam pemandian air panas di Bali yang lain, sumber air panas berasal dari sumber mata air alami dan mengandung belerang.

Perbedaan dari kolam pemandian Penatahan Tabanan dengan kolam pemandian air panas Bali yang lain, di kolam air panas Penatahan terdapat kolam private (kolam yang dapat anda gunakan sendiri tanpa bercampur dengan tamu lain). Tetapi untuk penggunaan kolam private akan ada batas waktu, yaitu selama 1 jam dan akan dikenakan biaya tambahan yang berbeda dengan biaya tiket masuk kolam air panas Penatahan.

4. Air Panas Angseri Bali – Sumber Air Alami Pegunungan

pemandian-air-panas-angseri-tabananLokasi objek wisata air panas Angseri berada di kabupaten Tabanan, masuk dalam wilayah Desa Angseri, Kecamatan Baturiti.

Sama seperti kolam air panas Penatahan, di kolam pemandian air panas Angseri Tabanan juga terdapat kolam private yang dapat menampung maksimal 5 orang dalam satu kolam private. Hanya penggunaan kolam private di pemandian air panas Angseri kabupaten Tabanan, maksimum 30 menit.

Bagi anda yang ingin liburan dengan mengunjungi kolam air panes Angseri dan ingin menggunakan kolam private, sebaiknya berkunjung di pagi hari. Karena antrian untuk menggunakan kolam private di siang hari lumayan ramai.

5. Toya Devasya Pemandian Air Panas Alami

pemandian-air-panas-alami-di-baliAlamat dari Toya Devasya berada di Jalan Puri Bening, Toya Bungkah, Batur Kintamani, Kabupaten Bangli. Jam buka Toya Devasya untuk kolam air panas dari jam 07:00 – 21:00. Lokasi Toya Devasya berdekatan dengan lokasi Batur Natural Hot Spring. Kira-kira berjarak 120 meter selelah anda melewati lokasi Batur Natural Hot Spring.

Untuk mencapai lokasi dari pemandian air panas Toya Devasya akan menempuh jarak 80 kilometer. Dengan perkiraan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam perjalanan. Hal yang membuat waktu perjalanan lama, akibat dari lokasi Toya Devasya berada di daerah pegunungan dengan jalan berliku-liku dan kontur jalan naik turun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *