Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Posted on

Mobil Hybrid adalah kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi untuk sumber tenaganya. Hal ini biasanya mengacu pada sebuah mobil yang memiliki mesin bensin konvensional serta  baterai sebagai sumber tenaga. Salah satu sumber tenaga ini mungkin menjadi sumber daya utama dan yang lainnya berfungsi sebagai cadangan, atau kendaraan mungkin menggunakan satu sumber dalam situasi tertentu dan menggunakan yang lain dalam situasi yang berbeda.

kelebihan mobil hybrid

Sejarah Mobil Hybrid

Teknologi ini telah ada sejak mobil diperkenalkan pada abad ke-19, karena sebagian besar kendaraan menggunakan kombinasi sumber energi untuk tenaga. Sebagai contoh, kebanyakan mobil memiliki baterai sebagai sumber daya untuk aksesoris mobil, seperti lampu depan. Pada akhir 1990-an, mobil hybrid dengan kekuatan lebih, mulai dianggap sebagai alternatif yang layak dan populer untuk kendaraan bensin.

Apa kelebihan mobil Hybrid dibandingkan dengan mobil non Hybrid? Ini adalah pertanyaan yang sering muncul pada calon pembeli mobil Hybrid dan konsumen harus tahu lebih detail akan kelebihan mobil Hybrid dan kekurangan mobil Hybrid, sebelum memutuskan untuk membeli.

Mobil Hybrid diciptakan oleh pabrikan otomotif karena munculnya isu akan pemanasan global, polusi udara dan borosnya pemakaian bahan bakar. Apalagi saat ini, harga bahan bakar non subsidi, terus mengalami peningkatan harga.

Konsumsi bahan bakar pada mobil non Hybrid, sebagian besar pemakaian digunakan secara sia – sia, terutama pemakaian di jalan perkotaan yang mengalami kemacetan setiap hari. Pembaca pun pastinya sudah tahu, konsumsi bahan bakar pada saat kemacetan lebih boros.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Sebelum kami menuliskan kelebihan dan kekurangan mobil Hybrid ada baiknya kami menuliskan sedikit tentang sistem kerja mobil Hybrid. Dengan anda mengetahui sistem kerja pada mobil Hybrid, akan membuat anda mudah memahami kelebihan dan kelemahan mobil Hybrid.

Mobil Hybrid sebuah mobil yang mengabungkan mesin mengunakan bahan bakar minyak dan motor listrik bertenaga baterai. Kedua mesin dan motor listrik, saling berpadu dalam menggerakkan mobil. Disaat mobil bergerak lambat, maka mobil akan di gerakkan dengan motor listrik tenaga baterai dan mesin bensin akan di matikan. Jika mobil berjalan lebih cepat, mesin bensin yang akan menggerakkan mobil sambil melakukan pengesian ulang baterai. Untuk lebih jelas akan sistem Hybrid, silakan di baca disini, cara kerja mobil Hybrid.

1. Irit Bahan Bakar Minyak

Walaupun mobil Hybrid juga menggunakan mesin yang menggunakan bensin, tapi dalam hal konsumsi bahan bakar minyak, kelebihan mobil Hybrid sangat signifikan lebih irit bahan bakar di bandingkan mobil non Hybrid. Hal yang membuat mobil Hybrid irit bahan bakar, karena mesin mobil menggunakan bensin tidak hidup terus menerus.

Di saat anda menghidupkan mobil Hybrid, mesin dengan bahan bakar minyak sama sekali tidak hidup. Sistem kelistrikan mobil Hybrid sepenuhnya di tenagai oleh baterai, baik audio, AC, power window. Saat anda menjalankan mobil Hybrid dalam kecepatan rendah, untuk menggerakkan mobil digerakkan oleh motor listrik bertenaga baterai. Dengan cara kerja ini, tentunya konsumsi bensin akan jauh lebih irit dari mobil non Hybrid.

Saat ini di Indonesia, mobil Hybrid hanya ada pada jenis mobil kategori mewah seperti Toyota Prius dan Toyota All New Camry. Tentunya mobil mewah dengan sistem fuel injection dan rasio kompresi mesin minimal 10,5, tidak akan efektif kinerjanya jika anda menggunakan bahan bakar premium.

Untuk mendapatkan performa mesin halus dikendari, anda harus menggunakan bahan bakar minyak non subsidi dengan kandungan oktan minimum 92% seperti pertamax atau pertamax plus.

Dengan harga pertamax yang lebih mahal lebih dari dua kali lipat dari harga premium, menggunakan mobil irit bahan bakar, tentunya sangat signifikan mengurangi pengeluaran uang dalam pembelian bahan bakar minyak. Irit dengan bahan bakar menjadi faktor utama kelebihan mobil Hybrid.

2. Mobil Hybrid Rendah Emisi Gas Buang

Karena lebih sedikit membakar bensin pada mobil Hybrid, kelebihan mobil Hybrid tentunya rendah emisi gas buang.

3. Minim Getaran & Rendah Suara Mesin

Saat anda mengemudikan mobil di kemacetan, suara mesin dan getaran mesin, yang membuat sebagian besar orang merasa tidak nyaman. Kelebihan mobil Hybrid, saat kemacetan mesin bensin tidak hidup dan yang menggerakan mobil Hybrid adalah motor listrik tenaga baterai. Hal ini membuat kelebihan mobil Hybrid sangat minim getaran dan suara sangat senyap.

4. Peningkatan Performa Akselerasi & Kecepatan

Kesan akan mobil irit bahan bakar akan kurangnya performa akselerasi dan kecepatan, sangat kuat di masyarakat kita. Tapi pada mobil Hybrid, hal ini tidak berlaku, walaupun mobil Hybrid sangat irit akan konsumsi bahan bakar minyak.

Pertanyaannya, kenapa mobil irit bahan bakar bisa memiliki peningkatan performa dalam akselerasi dan kecepatan?

Jika anda telah membaca cara kerja mobil Hybrid, pasti akan sangat mudah untuk mengetahui penyebab mobil Hybrid memiliki performa tinggi walaupun sangat irit bahan bahan bakar. Jika anda belum membaca, saya akan tuliskan disini.

Sebagai contoh, Toyota All New Camry 2.5 V non Hybrid VS Toyota All New Camry 2.5 Hybrid, memiliki kapasitas mesin bensin yang sama. Tapi dalam performa Toyota All New Camry 2.5 Hybrid setara dengan All New Camry 3.5.

Hal ini disebabkan mesin bensin dan motor listrik tenaga baterai keduanya memberikan daya untuk menambah akselerasi dan kecepatan. Sedangan sedan camry 2.5 V non Hybrid hanya mengandalkan mesin bensin saja. Karena itu kelebihan mobil Hybrid Camry 2.5, memiliki performa setara dengan sedan Camry bermesin besar 3.5 L V6.

5. Kelebihan Mobil Hybrid Memakai Transmisi CVT

Pada Toyota All New Camry 2.5 V non Hybrid masih memakai transmisi otomatis (6 speed AT Sequential). Sedangkan Toyota All New Camry 2.5 Hybrid memakai transmisi CVT (Continous Variable Transmission). Dengan tranmisi Continous Variable Transmission, penumpang dan pengemudi hampir tidak merasakan perpindahan gigi, hal ini berpengaruh terhadap kenyamanan. Lihat disini, perbedaan transmisi otomatis mobil.

All New Camry 2.5V 2.5 Hybrid
Transmisi 6 speed AT Sequential CVT
Suspensi Depan MacPherson Strut MacPherson Strut
Suspensi Belakang Dual-Link Dual-Link
Rem Depan Ventilated Disc Ventilated Disc
Rem Belakang Solid Disc Solid Disc
Sistem Rem Tambahan ABS, EBD, BA, VSC ABS, EBD, BA, ECB-R Type, VSC, TRC, HAC
Steering Gear Rack & Pinion Rack & Pinion
Ukuran Ban 215 / 55 / R17 215 / 55 / R17

Kekurangan Mobil Hybrid

Setiap mobil jika memiliki kelebihan pasti ada kelemahannya, lalu apa saja kekurangan mobil Hybrid dibandingkan dengan mobil non Hybrid? Tentunya untuk membandingkan agar dapat mengetahui kekurangan mobil Hybrid dengan non Hybrid, harus dengan mobil yang sejenis dan hanya dibedakan pada sistem Hybridnya saja, mari kita simak!

1. Harga Jual Baru Mobil Hybrid Lebih Mahal

Harga All New Camry 2.5 Hybrid per 08 Januari 2016 dijual dengan harga Rp. 754.400.000 OTR Jakarta. Sedangkan Toyota All New Camry 2.5 V non Hybrid dijual dengan harga Rp. 589.900.000. Penyebab harga mobil Hybrid lebih mahal daripada mobil non Hybrid di kategori mobil yang sama, disebabkan oleh biaya produksi penambahan motor electrik dan baterai.

2. Sistem Kelistrikan Sangat Rumit Dan Mahal

Jika anda memiliki mobil Hybrid, untuk perawatan dan perbaikan, saat ini hanya dapat dilakukan di dealer resmi. Jika terjadi kerusakan pada sistem pengerak motor, sistem kelistrikan dan baterai, untuk perbaikan sangat mahal tentunya saat masa garansi telah berakhir. Umur baterai untuk pemakaian normal sekitar 8 – 9 tahun.

3. Berbahaya Untuk Pengendara Motor & Pejalan Kaki

Untuk jalanan di Indonesia, menggunakan mobil Hybrid berbahaya untuk pengendara motor dan pejalan kaki. Kenapa bisa lebih berbahaya? Bahayanya bukan pada mobil tapi pada pengendara motor dan pejalan kaki.

Penyebabnya mobil Hybrid sangat sunyi dan tidak mengeluarkan suara saat mobil di gerakkan sepenuhnya oleh motor listrik. Karena tidak ada suara, maka pejalan kaki dan pengendara sepeda motor cendrung tidak hati-hati dan tidak menyadari adanya mobil yang bergerak disekitar pengendara motor dan pejalan kaki.

One thought on “Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *