Kebun Bunga Amaryllis Jogja

Posted on

Kebun Bunga Amaryllis merupakan sebuah kebun pribadi milik keluarga Bapak Sukadi dan Ibu Wartini yang terletak di Desa Beji, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Bapak Sukadi membangun taman amarilis secara iseng. Saat berjualan kelapa di pinggir jalan yogyakarta-Wonosari, dia menyertakan beberapa bunga amarilis sebagai dagangan. Hasilnya, beberapa pengendara yang melintas berhenti dan membeli bunga miliknya.

kebun bunga amaryllis

Modal awal Sukadi membudidayakan bunga Amarilis ini sekitar Rp 2 juta. Dengan dana tersebut ia penuhi halaman rumahnya seluas 2.350 meter persegi dengan bungan tropis ini. Hasilnya, halaman rumah Sukadi berubah menjadi taman bunga seperti taman bunga Keukenhof di Belanda. Ada sekitar ribuan tangkai bunga amarilis memenuhi halamannya.

Kebun bunga amaryllis berisi bunga jenis Amaryllis Hippeastrum atau warga sekitar menyebutnya dengan nama bunga Brambang Brocot dan banyak juga yang mengenal dengan nama Bunga Desember dengan warna dominan orange.

Inovasi Pak Sukadi tidak sampai disitu, selain menjual bibit, Pak Sukadi juga memiliki keinginan untuk mengenalkan bunga ini ke khalayak ramai, dan membanggakan desanya bahwa taman bunga yang indah tidak hanya ada di Belanda saja, namun di desa Beji Gunungkidul juga terdapat taman bunga yang bisa dibanggakan Indonesia. Akhirnya taman bunga Amaryllis miliknya ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 16 November 2015 dan lansung ramai diserbu oleh wisatawan lokal yang umumnya berusia remaja seperti anak sekolah dan mahasiswa.

Bunga di kebun Puspa Patuk ini mekar setahun sekali, jadi pastikan anda mengetahui jadwal mekar yang tepat sebelum berkunjung ke taman ini. Bunga yang termasuk dalam golongan Hippeastrum Amaryllidaceae ini, biasanya mekar ketika memasuki musim penghujan sekitar akhir bulan November hingga Desember awal. Namun banyak faktor yang mempengarui waktu mekarnya bunga ini, seperti curah hujan dan cara perawatan. Anda bisa bertanya terlebih dahulu kepada pengelola setempat sebelum berkunjung ke taman bunga Puspa Patuk Amarilis ini.

Keindahan Kebun Bunga Amaryllis

Popularitas taman ini memang tidak setenar objek wisata lain yang ada di Yogyakarta, namun beberapa hari yang lalu, taman ini ramai dibicarakan masyarakat di Sosial Media. tiap harinya taman bunga ini dikunjungi kurang lebih 700 wisatawan.

kebun bunga amarilis kreasi Sukadi di Pathuk, Gunungkidul, tiba-tiba menjadi populer. Ratusan pengunjung mendatangi  taman yang terhampar di lahan seluas 2.350 meter persegi.

Suasana bak di taman bunga Keukenhof Belanda, membuat sejumlah pengunjung ‘berlomba’ mengabadikan diri dengan berfotoria di lokasi taman.

kebun bunga amaryllis rusak karena pengunjung

Sayangnya, para pengunjung banyak yang tidak bertanggung jawab. Mereka berselfie ria sambil menginjak-injak tanaman. Dari foto-foto yang beredar di media sosial mereka juga duduk-duduk dan berbaring di hamparan bunga tersebut. karena banyak pengunjung yang berfoto ria tanpa mempedulikan keberadaan bunga. Hamparan bunga yang dahulunya terlihat sangat indah kini rusak, patah dan layu akibat ulah pengunjung yang tidak bertanggung jawab.

Padahal bunga-bunga indah tersebut hanya mekar setahun sekali, di awal musim hujan. Ketika mekar mereka akan bertahan selama sekitar 10 hari saja.

Kata pengelola, akibat kebun bunganya ramai dibicarakan di media sosial, dia sampai kewalahan menerima meledaknya pengunjung yang pernah mencapai 1500an orang per hari. terutama pada hari jumat 27 november 2015 kebun bunga ini mengalamai kerusakan karena padatnya pengunjung. Pak Sukadi bahkan meminta maaf kepada pengunjung karena tamannya tak seindah dulu lagi. Namun bagi anda calon pengunjung yang ingin kesana tidak perlu berkecil hati, karena kedepan taman ini akan dikelola dengan lebih baik lagi.

Akses ke Lokasi Kebun Bunga Amaryllis

Lokasi taman bunga Puspa Patuk terletak di desa Beli, Kecamatan Patuk, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 27 km arah selatan dari Kota Jogja. Jika menggunakan petunjuk Google Map bisa mengambil patokan dengan arah tujuan Polsek Patuk, taman ini berada sekitar 1 km ke arah selatan dari Polsek Patuk, jika sudah sampai disana lokasi tamannya sangat mudah ditemukan, karena itu satu-satunya taman bunga Amarilis yang ada di Desa Beji.

Fasilitas dan Harga Tiket

Fasilitas dan harga tiket masuk di kebun bunga Amarilis Puspa Patuk masih sangat terjangkau, pengelola masih mematok harga tiket masuk seihklasnya, biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk mobil dan motor. Fasilitas penunjang lainnya memang masih seadanya, karena ini taman masih sangat baru untuk pengunjung umum.

Bagi anda yang ingin datang kesana diharapkan untuk menjaga tata tertib, terutama ketika masuk ke taman mohon jangan memetik apalagi menginjak bunga, karena tentu akan merusak keindahan taman yang sebaiknya kita jaga bersama agar dapat terus dinikmati.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi kebun atau taman bunga amaryllis di jogja anda bisa menggunakan jasa sewa mobil solo.

Sewa Mobil Solo Lestari
Jl. Gumpang Baru No.1, Sadakan Kidul Rt 02/02, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo. Solo.
Telp : 0823-2222-9961   | 08180-44444-31
SMS/WA : 0857-010000-61 | BBM : RentCar1/51F65c14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *