Pantai Pok Tunggal Masih Perawan nan Menawan

Posted on

Pantai Pok Tunggal masih berada di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya berada di antara Pantai Pantai Indrayanti dan Pantai Siung.  Pantai Pok Tunggal memiliki panorama yang indah dengan hamparan pasir putih serta perbukitan karst. Pada sisi timur dan barat pantai ini diapit oleh tebing-tebing karang yang menjulang.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal sendiri tergolong pantai baru. Pantai ini mulai diakses untuk wisatawan sejak bulan Mei 2012. Oleh karena itu kebersihan pantai ini masih sangat dijaga. Bahkan untuk menjaga kebersihan pantai ini akan dikenakan denda sebesar Rp 10.000 jika Anda membuang sampah sembarangan. Nama Pok Tunggal sendiri diambil karena di lokasi pantai ini terdapat pohon langka dan masih kokoh berdiri yaitu Pohon Duras (Pok Tunggal). Satu lagi yang unik dari pantai ini adalah adanya mata air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah khas daerah karst. Air ini pula yang dijadikan sebagai sumber air bagi penduduk setempat. Pemandangan pantai akan jauh lebih indah jika dinikmati dari bukit sebelah barat pantai. Selain itu dari balik bukit tebing di sebelah timur, Anda juga akan menjumpai beberapa primata liar yang sedang melompat kesana- kemari. Anda dapat sekedar menikmati pemandangan maupun berenang sepuasnya di batas bibir pantai. Pasir di sini cukup landai, sehingga tempat ini cukup aman untuk berenang.

Akses Jalan Pantai Pok Tunggal

Rute ke pantai Pok Tunggal dari posisi awal Pantai Indrayanti, ada dua alternatif jalan yang bisa dilalui yakni melalui jalan besar menggunakan kendaraan atau bisa juga cukup jalan (trekking). Apabila menggunakan kendaraan Anda bisa menggunakan jalur dari Pantai Indrayanti menuju ke Kecamatan Tepus. Pada jarak 2,5 km menuju bibir pantainya, Anda akan menemui plang arah menuju Pantai Pok Tunggal di kanan jalan. Dan Anda nanti akan dihadapkan perjalanan bebatuan sepanjang 2 kilometer yang sempit, berkelok-kelok dan agak terjal.

akses-jalan-pantai-pok-tunggal

Kondisi jalan yang seperti ini justru membuat perjalanan lebih menantang karena anda semakin merasa penasaran untuk melihat keindahan apa saja yang ditawarkan pantai ini. Setelah melewati jalanan sulit nan sempit diantara perbukitan karang, penasaran Anda akan terobati dengan sambutan sebuah pohon Duras bagaikan bonsai tua yang menjadi ikon pantai ini, suara deru ombak, hembusan angin pantai, hamparan pasir putih dan berbagai keindahan lainnya yang akan menghilangkan rasa letih diperjalanan tadi.

Pesona Pantai Pok Tunggal

Daya tarik yang ditawarkan pantai pok tunggal adalah pasir putih yang kemilau, ombak pantai yang cukup tenang, gugusan batuan karang yang kokoh, serta tumbuhan dan pepohonan yang teduh dipinggir pantai. Untuk kondisi pantainya sendiri terbilang masih “perawan” karena belum banyak terjamah oleh para wisatawan.

Pesona pantai pok tunggal

Ketika sampai di kawasan pantai Pok Tunggal anda akan melihat sebuah pohon Duras yang menjadi ciri khas dari pantai ini, pohon tersebut berdiri tunggal di sebelah kanan jalan yang sudah tidak jauh dari garis pantai, menurut cerita  konon pemberian nama Pok Tunggal sendiri karena adanya pohon Duras menyendiri tersebut. Seperti pantai tentangganya Indrayanti, pantai Pok Tunggal juga memiliki hamparan pasir putih namun tidak begitu luas, ombak di pinggir pantai ini juga tidak terlalu besar sehingga anda aman untuk bermain air di pinggir pantai bersama teman atau keluarga. Selain itu, terdapat beberapa tebing karang yang berdiri dengan kokohnya di arah utara pantai dan karang-karang yang tingginya mencapai 50an meter, monyet-monyet yang dengan asyiknya melompat dari balik tebing-tebing tersebut.

Pesona lain yang dimiliki pantai ini adalah adanya tebing tinggi yang berbaris dan dapat digunakan untuk arena olahraga panjat tebing bagi para pecinta tantangan dan ingin meningkatkan adrenalinnya. Tidak sembarang orang diperbolehkan melakukan panjat tebing disini, hanya orang-orang yang sudah terlatih dan memiliki keahlian khusus, bila masih pemula harus didampingi petugas yang sudah berpengalaman.

Keistimewaan lain yang ada di pantai ini adalah adanya sumber mata air tawar yang diperkirakan berasal dari aliran sungai yang ada di bawah tanah yang merupakan ciri khas dari daerah pegunungan karst Gunungkidul. Sumber mata air tersebut yang digunakan warga sekitar untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari seperti memasak, mandi, mencuci, kamar mandi umum dan memenuhi kebutuhan warung-warung makan yang dibuka oleh masyarakat setempat.

Jika anda belum puas dengan pemandangan di siang hari, bisa mencoba susasana malam yang ditawarkan Pok Tunggal, namun saat ini belum terdapat fasilitas hotel dan penginapan karena memang banyak pihak yang mempertahankan agar pantai ini tetap mengedepankan konsep naturalnya. Solusinya anda bisa membawa tenda sendiri atau menyewa di masyarakat sekitar, harga sewa tenda di pantai pok tunggal berkisar 60 ribuan per unit.

Bila hingga gelap masih berada di pantai kami menyarankan untuk menginap di pantai ini saja, karena jalan yang harus dilalui masih terdiri dari tanah dan bebatuan, belum diaspal, sempit dan sangat minim lampu penerangan, jadi bila memang harus meninggalkan pantai setelah gelap disarankan untuk lebih berhati-hati lagi.

Fasilitas Pantai Pok Tunggal

Bagi anda yang berencana mengunjungi pantai Pok Tunggal berikut beberapa fasilitas yang terdapat di pantai ini.

  • Musholla
  • Parkir
  • Toilet dan Kamar Mandi
  • Warung Makan
  • Gazebo
  • Penyewaan Payung Pantai
  • Penyewaan Tenda Dome

Tarif retribusi terbaru Pantai Pok Tunggal adalah Rp 10.000, untuk parkir biaya Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Bila ingin menyewa payung pantai cukup membayar Rp 20.000 dan untuk sewa tenda dome biayanya Rp 60.000 (per unit). Untuk tarif toilet dan kamar mandi sekitar 2000-5000 rupiah, untuk tarif sewa Gazebo adalah Rp 20.000.

Untuk saat ini belum ada kendaraan umum yang menjangkau pantai ini, jadi bila ingin kesana harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil. Kami menyarankan untuk tidak menggunakan mobil dengan Ground Clearance rendah seperti Karimun Estilo atau Daihatsu Ayla mengingat jalan menuju pantai ini belum begitu mulus, untuk mobil yang ideal minimal menggunakan sekelas Avanza atau Xenia.

Kami menawarkan sewa mobil solo untuk wisata Pantai Pok Tunggal. Jika anda berminat bisa menghubungi kami .

Sewa Mobil Solo Lestari
Jl. Gumpang Baru No.1, Sadakan Kidul Rt 02/02, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo. Solo.
Telp : 0823-2222-9961   | 08180-44444-31
SMS/WA : 0857-010000-61 | BBM : RentCar1/51F65c14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *