Sentra Kerajinan Kain Perca Motif Batik

Posted on

Kerajinan kain perca merupakan kerajinan membuat pakaian dengan bahan baku jenis kain yang berasal dari sisa pembuatan pakain, bisa berupa potongan kain-kain kecil yang dibuang oleh pemiliknya karena di anggap sebagai sampah sisa pembuatan pakaian

Kerajinan kain perca adalah gabungan dari seni tradisional yang nampak dari proses pembuatannya, dan juga seni modern yang bisa dilihat dari hasil kerajinan. Hasil kreasi dari kain perca tidak hanya memiliki nilai jual tetapi juga memiliki keunikan tersendiri dari kaerajinan tangan.

Hasil dari kerajinan kain perca biasanya berupa baju anak-anak, bed cover, sarung bantal, penutup galon mineral tas dan masih banyak lagi yang lainnya. Penampilan serta kreasi yang dihasilkan tentu akan memiliki nilai tersendiri dari kain biasa yang utuh.

kain perca batik

Sentra Kerajinan Kain Perca Di Tipes Laweyan

Kain batik yang sekarang sudah mendunia, memang mempunyai dayak tarik tersendiri. tidak khayal jika sudah menjadi sampah, namun tetap saja bisa di manfaatkan oleh para pengrajin. Sisa – sisa kain batik yang bisa di sebut kain perca dijahit kembali dengan cara disambung-sambung ternyata bisa menghasilkan produk yang unik dan menarik, khas dan istimewa. seperti yang dilakukan ibu-ibu di Kampung Dipotrunan, Tipes Laweyan. Setiap hari mereka merajut potongan potongan kain batik yang sudah tidak dipakai menjadi pakaian anak anak, sprey, taplak meja dll.

centra-kerajinan-kain-perca

Kain yang diperoleh dari sisa industry konfeksi mempunyai pola yang beragam, sehingga membutuhkan ketekunan dan keahlian tersendiri agar bisa menjadi barang yang fungsional. Motif dan corak kain perca batik yang sangat beragam itu setelah dipadugan menghasilkan corak dan motif baru yang sangat bagus. Jika sudah jadi baju anak anak maka terlihat cantik, lucu dan menggemaskan. Jika dijadikan taplak meja maupun sprey terlihat lucu dan langka.

BACA JUGA : Kampung Batik Kauman

Cara Membuat Kerajinan Kain Perca

Cara membuat kerajinan kain perca tidak terlalu sulit seperti apa yang kita bayangkan. Bahkan orang-orang awampun bisa membuat aneka kreasi sederhana dari kain perca. Yang perlu di pelajari dalam pembuatan kerajinan tangan dari kain perca adalah teknik yang digunakan.

Dalam proses pembuatannya kerajinan dari kain perca dapat di lakukan dengan cara manual yaitu dengan cara dijahit dengan tangan dan bisa juga menggunakan mesin jahit sebagai alat bantu. Anda bisa mencoba membuat kreasi dari kain perca dengan memanfaatkan kain-kain sisa yang tidak terpakai sehingga bisa memanfaatkan waktu luang yang anda miliki.

Taknik-teknik Menjahit Kain Perca

Sebelum anda mencoba membuat aneka kerajinan tangan dari kain perca, ada baiknya untuk terlebih dahulu memahami serta mempelajari berbagai beberapa teknik dalam menjahit kan perca. Berikut ini adalah beberap teknik yang bisa anda gunakan untuk membuat kerajinan dari kain perca.

Menjahit Kain Perca dengan Teknik Patcwork

Teknik menjahit kain perca patchwork merupakan salah satu cara menjahit dalam menggabungkan beberapa kain perca dengan cara mengikuti alur atau potongan-potongan kain tersebut. Mejahit dengan teknik patchwork bukanlah hal sulit, anda tidak perlu menjadi sorang ahli untuk bisa melakukannya. Cukup dengan belajar menjahit lurus, anda sudah bisa mengerjakan patchwpork.

Meskipun mudah kadang tidak semua orang bisa melakukannya, kunci utamnya adalah membuat karya dengan ketelitian mengukur, kesabaran dan juga ketekunan dalam menyelesaikan. Selama ini Patchwork di kenal sebagai sebuah seni yang mewah dan mahal, karena untuk membuat karya ini diperlukan sebuah ketekunan dan juga waktu yang cukup lama. Selain itu peralatan seperti patchwork masih sulit untuk didapatkan serta harganya yang cukup mahal.

Menjahit Kain Perca dengan Teknik Applique

Teknik applique adalah sebuah teknik membentuk aneka motif dari kain perca. Hasil dari kreasi kain perca dari teknik applique akan ditempekan pada helai kain utuh yang di gunakan sebagai lapisan dasarnya. Dengan teknik ini anda bisa membuat banyak pilihan desain kreasi kain perca yang anda buat.

Anda bisa menambahkan berbagai gambar atau motif agar kreasi yang anda buat terlihat lebih menarik. Hasil akhir dengan menggunakan teknik ini akan sangat bergantung pada kreativitas anda.

Menjahit Kain Perca dengan Teknik Quilting

Teknik yang satu ini hanyalah teknik penyempurnaan saja yaitu teknik untuk menambahkan lapisan busa sebagai tambahan lapisan agar kerajinan tangan dari kain perca terlihat lebih tebal. Pola quilting bisa digambar sendiri atau dengan menjiplak pola yang sudah jadi. Pola yang paling sederhana adalah berupa garis-garis lurus yang mengikuti pola patchwork, pola segitiga, kotak dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *