Sewa Mobil Ke Objek Wisata Telaga Sarangan

Posted on

Gunung Lawu menyimpan berbagai macam objek wisata yang menarik dan salah satunya adalah Objek Wisata Telaga Sarangan yang juga disebut sebagai Telaga Pasir.

objek-wisata-telaga-sarangan

Lokasi Objek Wisata Telaga Sarangan

Objek Wisata Telaga Sarangan ini merupakan objek wisata alam yang berada di kaki lereng Gunung Lawu dan secara administratif berlokasi di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Jika anda berangkat dari kota Magetan maka anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 16 kilometer. Telaga ini luasnya sekitar 30 hektare dan berkedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 15 hingga 20 derajat Celsius, Telaga Sarangan mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

Keindahan Objek Wisata Telaga Sarangan

Objek Wisata Telaga Sarangan adalah obyek wisata andalan Kabupaten Magetan. Di sekeliling telaga terdapat dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata. Di samping puluhan kios cendera mata, pengunjung dapat pula menikmati indahnya Sarangan dengan berkuda mengitari telaga, atau mengendarai kapal cepat. Fasilitas obyek wisata lainnya pun tersedia, misalnya rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah, dan taman.

Keberadaan 19 rumah makan di sekitar telaga menjadikan para pengunjung memiliki banyak alternatif pilihan menu. Demikian pula keberadaan pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai suvenir telah memberikan kemudahan kepada pengunjung untuk membeli oleh-oleh. Hidangan khas yang dijajakan di sekitar telaga adalah sate kelinci.

kapal speedboat telaga sarangan

Magetan juga tertolong dengan adanya potensi industri kecil setempat yang mampu memproduksi kerajinan untuk suvenir, misalnya anyaman bambu, kerajinan kulit, kerajinan sepatu, dan produk makanan khas seperti emping melinjo dan lempeng (kerupuk puli, yaitu kerupuk dari nasi). Telaga Sarangan juga memiliki layanan jasa sewa perahu dan becak air. Ada 51 perahu motor dan 13 becak air yang dapat digunakan untuk menjelajahi telaga.

Objek Wisata Telaga Sarangan memiliki beberapa kalender event penting tahunan, yaitu labuh sesaji pada Jumat Pon bulan Ruwah, liburan sekolah di pertengahan tahun, Ledug Sura 1 Muharram, dan pesta kembang api di malam pergantian tahun. Setiap tahun di telaga ini diadakan Ritual Labuh dengan tujuan untuk mengucapkan syukur kepada Sang Pencipta atas segala berkat dan berkah yang telah diberikan. Ritual ini biasanya diadakan pada hari Jumat Pon sesuai dengan kalender Jawa. Para pengunjung juga dapat melihat ritual yang diadakan di Objek Wisata Telaga Sarangan Magetan ini.

Pemkab setempat membuat proyek jalan tembus yang menghubungkan Telaga Sarangan dengan obyek wisata Air Terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar. Proyek pelebaran dan pelandaian jalan curam yang menghubungkan dua daerah. Pemkab Magetan juga ingin mengembangkan Waduk Poncol (sekitar 10 kilometer arah selatan Telaga Sarangan) sebagai obyek wisata alternatif.

Saat anda berkunjung ke objek wisata Telaga Sarangan maka mata anda akan disuguhi dengan pemandangan perbukitan yang ditumbuhi dengan pepohonan tinggi dan hijau berlatar belakang Gunung Lawu. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin menjauhi keramaian dan kesibukan kota untuk sementara di hari libur. Udaranya yang bersih dan sejuk serta suasana alamnya yang tenang membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Di kawasan telaga ini di tumbuhi pepohonan pinus sehingga bagi anda yang menyukai petualangan dapat mencoba untuk berkeliling hutan pinus. Selain itu, terdapat fasilitas untuk berkeliling telaga seperti perahu air, speed boat, dan becak air. Setelah lelah berkeliling kawasan ini anda bisa mengisi perut sambil beristirahat di warung-warung makan yang berada di sekitar objek wisata Telaga Sarangan. Nikmatilah sate kelinci dan nasi pecel yang merupakan masakan khas wilayah ini dan dijamin rasanya sedap. Setelah pulang jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di toko cinderamata yang juga ada banyak terdapat di objek wisata Telaga Sarangan ini.

Jika anda berkunjung ke solo tidak ada salahnya menyempatkan waktu sejenakk untuk sekedar bersantai di objek wisata telaga sarangan, tidak perlu khawatir tidak tau jalan ke telaga sarangan karena anda belum pernah kesana. jika anda berminat bisa hubungi kami untuk sewa mobil solo ke objek wisata telaga sarangan. driver kami akan mengantarkan anda menuju objek wisata telaga sarangan. anda tinggal duduk menikmati indahnya pemandangan gunung lawu di dalam mobil yang kami sewakan.

bagai mana ? apa anda berminat ? silahkan hubungi kami :

Sewa Mobil Solo Lestari
Jl. Gumpang Baru No.1, Sadakan Kidul Rt 02/02, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo. Solo.
Telp : 0823-2222-9961   | 08180-44444-31
SMS/WA : 0857-010000-61 | BBM : RentCar1/51F65c14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *