Sewa Mobil Solo Tujuan Kawasan Wisata Kaliurang

Posted on

Kawasan Wisata Kaliurang adalah kawasan wisata di utara Yogyakarta yang terletak di lereng Merapi. Sebuah kawasan di lereng Gunung Merapi yang berhawa sejuk. Suhu di tempat ini berkisar antara 20 sampai 25 derajat celcius, bila musim penghujan tiba maka udara di tempat ini akan semakin dingin sekali. Banyak resor atau tempat peristirahatan karena sejuknya udaranya. Maka di sini terdapat banyak vila-vila penginapan, kebanyakan orang sekitar menyebutnya wisma. Tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri adalah Tlaga Putri. Kaliurang sendiri sudah menjadi obyek wisata ketika jaman Belanda.

Kawasan Wisata Kaliurang

Sejarah Kawasan Wisata Kaliurang

Wisata Kaliurang sudah mulai di kenal sejak jaman Belanda dulu, lebih tepatnya sejak awal abad ke 19, para ahli geologi Belanda yang tinggal di Yogyakarta pada awalnya mencari tempat yang cocok untuk beristirahat bagi anggota keluarga mereka, dalam pencarian tersebut mereka melakukan penyusuran ke kawasan utara kota Yogyakarta hingga sampai ke Kaliurang. Karena udara yang sangat sejuk dan nyaman maka mereka mengambil keputusan untuk mendirikan bungalow-bungalow untuk tempat peristirahatan di kawasan tersebut.

Di Kaliurang terdapat sebuah bangunan bersejarah yaitu Wisma Kaliurang. Di sana pernah terjadi Perundingan Khusus antara Republik Indonesia dengan Komisi Tiga Negara pada 13 Januari 1948. Perundingan Kaliurang ini melahirkan Notulen Kaliurang.

Republik Indonesia diwakili oleh Presiden Soekarno , Wapres Moh Hatta , PM Syahrir dan Jendral Soedirman. Sedangkan Delegasi Belanda diwakili oleh Paul Van Zeeland (Belgia), Richard Kirby (Australia), dan Dr. Frank Graham (AS). Di dalam perundingan, Frank Graham mengucapkan ungkapan populer, yaitu “You are what you are from bullets to the ballots.

Selain itu terdapat bangunan Villa Van Rezink yang berada di utara Taman Rekreasi Anak.

Daya Tarik Kawasan Wisata Kaliurang

Di Kawasan Kaliurang juga telah di bangun berbagai objek wisata seperti taman bermain untuk anak-anak, bumi perkemahan, gardu pandang, kolam renang, tempat wisata air terjun, gua Jepang dan masih banyak lagi. Bagi anda yang ingin melakukan kegiatan Outbound, Kaliurang merupakan salah satu tempat yang tepat karena udara yang sejuk dan lingkungan yang masih alami, sangat bermanfaat untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiran.

Di kala pagi menyapa, kita dapat melihat keindahan gunung Merapi yang diterpa sinar matahari. Meskipun sinar matahari berada tepat di atas kepala, bila kita berada di kawasan Kaliurang maka kita tidak akan merasakan sengatan panas sang surya, karena kita akan tetap merasa sejuk, di saat senja mulai datang maka kabut- kabut pun mulai turun menutupi keindahan gunung Merapi dan udara berubah menjadi semakin dingin.

Selama berada di daerah ini banyak hal yang dapat kita lakukan seperti jalan santai di pagi hari sambil mengelilingi Kaliurang, bila takut tersesat dapat menggunakan peta atau bertanya ke warga lokal, selain itu setiap gang yang ada di kawasan ini saling berhubungan sehingga kemungkinan tersesat sangat kecil. Bila datang bersama si buah hati dapat menghabiskan waktu dengan bermain di taman bermain anak, bisa juga mengelilingi kawasan Kaliurang dengan menaiki kereta kelinci dengan tarif sebesar Rp 6.000 untuk satu putaran dengan rute terminal Kaliurang – Taman Bermain Anak – Gardu Pandang – Wisma Kaliurang – Bumi Perkemahan – Taman Wisata Plawangan Turgo.bagi para pecinta sejaah dapat mengunjungi Museum Ullen Sentalu dan wisma Kaliurang.

Akses Jalan Menuju Kasawan Wisata Kaliurang

Akses menuju ke Kaliurang sangat mudah. Setidaknya dengan jalan kaki atau menumpang angkutan bus, Angkutan umum, taksi, ojek , melewati Jalan Kaliurang. Jarak Kaliurang ke Yogyakarta kurang dari 1 jam perjalanan, dan sedangkan perjalanan dari solo ke objek kawasan wisata kaliurang kurang lebih 3 jam. sebagai penyedia jasa sewa mobil di solo kami menawarkan paket wisata menuju kawasan wisata kaliurang dengan harga murah, atau anda juga bisa sewa mobil di solo menuju kasawan wisata kaliurang tidak mengambil paket wisata. yaitu hanya sewa mobil solo tanpa sopir 24 jam. harga sewa mobil solo 24 jam bisa di cek di halaman utama website ini.

Tiket Masuk dan Fasisitas Kawasan Wisata Kaliurang

Jika ingin menikmati kasawan wisata kaliurang anda cukup membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 6,000- saja. di kawasan wisata kaliurang ini sudah banyak fasilitas, seperti WC umum, kamar mandi, warung makan, mushola dll. jika anda ingin menginap di kawasan wisata kaliurang, harga penginapan disana juga cukup murah mulai dari Rp. 50,000- sampai ratusan ribu.

Apabila anda tertarik ingin mengunjungi kawasan wisata kaliurang dengan nyaman, kami sarankan sewa mobil.

Sewa Mobil Solo Lestari
Jl. Gumpang Baru No.1, Sadakan Kidul Rt 02/02, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo. Solo.
Telp : 0823-2222-9961   | 08180-44444-31
SMS/WA : 0857-010000-61 | BBM : RentCar1/51F65c14

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *