Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu

Posted on

Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu  merupakan salah satu air terjun yang berada di Jawa Tengah. Terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karangpandan, Jawa Tengah. Air terjun wisata Alam Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu. Wisata Alam Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Air terjun Grojogan Sewu merupakan bagian dari Hutan Wisata Alam Grojogan Sewu.

Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu berarti air terjun . Meski air terjun di sini tidak berjumlah seribu, tetapi ada beberapa titik air terjun yang dapat dinikmati di sini. Kata sewu atau seribu disini berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang digunakan saat itu yang merupakan tinggi air terjun. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun tertinggi yang ada tingginya sekitar 80 meter. Ada pula air terjun yang tidak terlalu tinggi tetapi pancurannya meluas dan membentuk cabang-cabang. Bila sedang musim hujan, sekeliling tebing akan dihujani air terjun, tetapi saat musim panas, banyak air terjun yang kering.

Hutan Wisata Alam Grojogan Sewu memiliki luas 20 Ha. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak. Beberapa fasilitas dari hutan wisata ini adalah Taman Binatang Hutan, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cinderamata, mushola dan MCK.

Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu , sebuah air terjun yang sangat poluler di kota Solo di karenakan tempat ini memang memiliki panorama alam yang sangat indah yang berpadu dengan kesejukan udara pegunungan membuat para pengunjung tampak menikmati ketika berada di tempat wisata ini. Air terjun ini terletak pada ketinggian 1.100 di atas permukaan, dan juga memiliki ketinggian 81 meter. Air terjun Grojokan sewu ini berada di Tawangmangu tepatnya di daerah Karanganyar yang mana airterjun ini berada di tengah hutan lindung yang di dalamnya di huni oleh satwa yang jinak yaitu beberapa puluhan ribu ekor kera. Tempat wisata alam di solo yang satu ini memiliki lokasi yang luas yang tentunya juga sangat cocok untuk tempat rekreasi keluarga karena di tempat wisata ini terdapat berbagai fasilitas untuk rekreasi keluarga seperti kolam renang, taman rekreasi, temapat peristirahatan dan juga warung-warung makan dan toko souvenir.

Sewa Mobil Solo Lestari
Jl. Gumpang Baru No.1, Sadakan Kidul Rt 02/02, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo. Solo.
Telp : 0823-2222-9961   | 08180-44444-31
SMS/WA : 0857-010000-61 | BBM : RentCar1/51F65c14

2 thoughts on “Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *