Wisata Kuliner Khas Solo yang Wajib Anda Coba

Posted on

Wisata Kulinar Khas Solo. Bagi para pelaku wisata kuliner, anda belum bisa di sebut wisatawan kuliner sejati sebelum datang dan nikmati kuliner khas Solo. Solo dikenal sebagai salah satu kota di Tanah Air yang merupakan “gudang”-nya makanan lezat. Berbagai makanan minuman maupun jajanan khas yang dapat dengan mudah dijumpai di Solo. Anda akan dimanjakan oleh keanekaragaman makanan yang tersebar di berbagai sudut kota ini, yang menyajikan cita rasa khas dan eksotis yang langka dijumpai di tempat lain.

Jika anda sedang berkunjung ke Kota solo untuk wisata jangan lewatkan beberapa kuliner khas Solo, karena sebelum anda mencobanya berarti anda belum bisa di sebut pernah ke Solo. simak baik-baik jenis kuliner khas solo dan tempatnya lengkap dengan jam buka.

Daftar Kuliner Khas Solo yang Wajib Anda Cicipi

1. Nasi Liwet

Nasi Liwet Solo

Setah anda berkunjung ke objek wisata di Solo pada siang hari, saat nya sore sampai malam hari anda wisata kuliner, pertama anda coba cicipi nasi liwet solo. Kuliner ini sangat cocok di nikmati sore atau menjelang malam hari. tempat nasi liwet solo yang enak dan terkenal ada di Keprabon di sepanjang jalan akan ada banyak warung Nasi liwet. Rasa dan kualitasnya hampir sama, salah satu warung yang terkenal enaknya misalnya di Warung Nasi Liwet Wongso Lemu Keprabon yang buka mulai jam 18.00 WIB. walaupun sekali lagi kualitas dan rasa di warung sepanjang jalan keprabon hampir sama.

Nasi Liwet merupakan makanan khas Solo yang paling terkenal. Beras yang di masak dengan kaldu ayam yang membuat nasi terasa gurig dan beraroma lezat. Nasi tersebut dicampur dengan sayur labu siam yang dimasak sedikit pedas, telur pindang rebus, daging ayam suwir, kumut (terbuat dari kuah santan yang dikentalkan). Disajikan dengan daun pisang yang dipincuk.

2. Sate Buntel

sate buntel

Di tempat lain sate adalah daging yang di tusuk kemudian dipanggang pakai areng. Di solo ada yang namanya sate buntel, bagi orang yang belum pernah memakan sate buntel khas solo pasti membayangkan berupa daging yang dikasih buntel kemudian dipanggang. Sate Buntel merupakan sate kambing khas kota solo terbuat dari daging kambing yang dicincang, diberi bumbu bawang dan merica dan kemudian dibuntel (dibungkus dengan lemak kambing). Dimakan bersama kecap, irisan cabe rawit, bawang merah, irisan kol dan tomat. Menu yang lain adalah sate kikil kambing dan gule sumsum. Warung sate kambing dapat dijumpai di Jl. Sutan Syahrir No. 39 Widuran.

3. Tengkleng

tengkleng solo

Zaman dulu tengkleng dikenal sebagai makanan orang miskin, kerena tengkeng dibuat dari tulang kambing yang hanya menyisakan sedikit daging yang menempel pada tulang. Rasanya yang agak asam, gurih dan segar menjadikan tengkleng sekarang banyak diminati oleh kalangan menengah keatas.

Isi tengkleng adalah tulang belulang kambing dengan sedikit daging yang menempel, bersama dengan sate usus, sate jerohan, otak dan organ-organ lain seperti mata, telinga, pipi, kaki dan lain-lain. Kenikmatan menyantap tengkleng akan terasa ketika kita menggerogoti sedikit daging yang menempel pada tulang dan menghisap isinya.

Anda bisa mencoba Masakan tengkleng di warung Bu. Ediyem, Warung tengkleng sangat populer di Solo. tapi anda jangan membayangkan warung bu edi seperti lestourant megah dan nyaman, karena warung ini tidak menyediakan tempat yang mencukupi bagi para pelanggannya. kalau ingin mencicipi tengkleng Bu Edi anda harus datang siang hari di Samping Gapura Pasar Klewer antara jam 11.00 – 15.00 WIB. sebagai catatan biasanya tengkleng bu edi habis kurang dari 3 jam.  Anda juga bisa menikmati tengkleng di Warung Tengkleng Yu Tentrem di Jl Letjend Sutoyo pukul 09.00 WIB.

4. Gudeg Ceker

Gudeg Solo

Gudeg ceker adalah makanan khas Solo yang terdiri dari nangka muda, krecek (kulit sapi), telur, daging ayam dan cakar ayam (ceker). Ceker menjadi makanan pendamping yang dihidangkan bersama gudeg. Ceker direbus dengan bumbu santan sehingga terasa lunak dan lezat. Selain gudeg, ceker juga bisa disajikan sebagai makanan pendamping dari bubur. Paduan menu ini akan semakin lezat ketika disiram dengan kuah Sambel Goreng Krecek. Anda bisa menikmati Gudek Ceker di Solo pada tengah malah, buka jam 00.01WIB  sampai jam 5 pagi di Warung Gudeg Ceker Bu Kasno Alamat Jl. Wolter Monginsidi Margoyudan Di Trotoar jalan Margoyudan, dari Stasiun balapan ke arah timur. ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi Wisatawan kuliner. atau anda juga bisa menikmati Gudek Ceker di Warung Gudeg sebelah utara perempatan warung pelem buka mulai jam 19.00 WIB. Atau Warung Gudek Depan Javaner Fajar Indah.

5. Timlo

timlo solo

Timlo Solo adalah hidangan berkuah bening yang berisi sosis ayam yang dipotong-potong, telur ayam pindang dan irisan hati dan ampela ayam. Menu ini disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Berbeda dengan daerah lain, timlo solo tidak memakai soun dan jamur. Warung Timlo dapat dijumpai di Timlo Sastro Timur Pasar Gede buka pukul 07.00 WIB dan Timlo Solo di Jl Urip Sumoharjo buka pukul 09.00-21.00 WIB.

6. Soto

sotogading

Soto yang disajikan langsung bersama nasi putih dalam satu mangkuk. Tersedia juga berbagai lauk sangat komplit di meja-meja pengunjung dengan rasa yang khas. Soto yang terkenal di solo ada tiga yaitu Soto Gading  Warung soto ini selalu jadi tujuan wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke Solo. Soto Gading ini terletak di Jl. Brigjen Sudiarjo Gading dan buka pukul 09.00 WIB. Triwindu yang terletak di Pasar Barang Antik Triwindu. (dekat dengan Kraton Mangkunegaran) dan Soto Kirana di Jl. M Yamin (tepatnya di depan Masjid Kawasan) Solo.

7. Serabi Notosuman

serabi notosuman solo

Serabi sebenarnya adalah semacam pancake yang bahan adonannya terdiri dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan sebagai pewangi, dan bahan lainnya yang kemudian dipanaskan dalam suatu cetakan berupa wajan kecil yang kemudian ditutup dengan penutup dari tanah liat supaya serabi mekar. Srabi memiliki tekstur kenyal namun tetap lembut dan rasanya sangat legit.Jajanan ini tidak dimakan bersama kuah santan yang manis, karena rasanya sendiri sudah manisa dan gurih. Serabi Solo terbuat dari adonan tepung beras, gula pasir, santan dan berbentuk bulat dengan kerak disekelilingnya yang kering dan renyah. Selain polos, serabi solo juga memakai toping yang beraneka macam seperti taburan coklat, nangka, dan irisan pisang. Makanan ini bisa dijumapi di Serabi Notosuman di Jl. Moh Yamin Notosuman dan Warung kaki lima disepanjang Jl. Slamet Riyadi (buka dari sore hingga malam).

Masih Banyak lagi Kuliner Khas Solo yang belum sempat saya tulis di artikel ini, jika anda ingin wisata kuliner di kota solo sempatkan waktu jangan cuma satu hari di solo. sewa mobil solo lestari siap mengantar anda untuk wisata kuliner khas solo.

InsyaAllah akan saya sambung dengan Kuliner Khas Solo Jilid II. Bocorannya:

  1. Pecel Ndeso
  2. Selat Segar Solo
  3. Sambel Tumpang
  4. Sate Kere
  5. Gule Goreng
  6. Cabuk Rambak
  7. Wedangan Cangkir Blirik
  8. Bakmi Toprak
  9. Intip
  10. Dawet Ayu Pasar Gede
  11. Gempol Pleret
  12. Wedang Dongo
  13. Tahok
  14. Susu Segar She Jack
  15. Rambak petis
  16. Abon
  17. Roti Kecik
  18. Roti Mandarin
  19. Bakpia Balong
  20. Bebek Goreng
  21. Tahu Kupat
  22. Mie Ayam

Mungkin saja jenis makanan di atas dapat dijumpai di luar kota solo, akan tetapi cita rasa khas masakan solo pasti ada sesuatu yang beda.

selamat berwisata di kota solo

Sewa Mobil Solo Lestari
Jl. Gumpang Baru No.1, Sadakan Kidul Rt 02/02, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo. Solo.
Telp : 0823-2222-9961   | 08180-44444-31
SMS/WA : 0857-010000-61 | BBM : RentCar1/51F65c14

One thought on “Wisata Kuliner Khas Solo yang Wajib Anda Coba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *